Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 25 Desember 2011

3 Menit yang Berarti

              Sangat menyenangkan agaknya ketika saya mengetahui di salah satu program siaran VOA yang menyajikan seputar bahasa Inggris yang sangat jarang didengar orang Indonesia kebanyakan. Banyak istilah dalam bahasa Indonesia yang sulit mendapatkan padanannya dalam bahasa Inggris, dalam usaha untuk mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut, terutama istilah umum yang sering dipakai dalam pergaulan sehari-hari. Tentunya, bagi kebanyakan orang di Indonesia khususnya, hanya mempelajari Bahasa Inggris sekedar sebagai pelajaran mayoritas dan berfokus pada tata bahasanya.

          HOW DO YOU SAY THAT IN ENGLISH? tampaknya sedikit membuka mata orang Indonesia yang haus akan ilmu seputar Bahasa Inggris. Program yang berdurasi sekitar tiga menit tersebut, disiarkan dalam siaran pagi radio VOA setiap hari Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu dengan cara santai, ramah dan ramai.

Acara tersebut menampilkan native speakers yang berbicara dalam bahasa Inggris seperti yang mereka gunakan sehari-hari, membahas istilah bahasa Indonesia umum yang ditanyakan oleh para pendengar yang dibahas dengan kru dari Indonesia. Mereka menyajikan contoh yang akan membuat paham pendengar dengan padanan kalimat yang sangat inspiratif. Dengan adanya pengejaan kata disetiap lafalnya, semakin memudahkan pendengar untuk mengikutinya. Dan saya berpikir, siaran program siaran VOA ini menarik minat untuk diterapkan dalam perbincangan ringan Bahasa Inggris sehari – hari.

Masih berhubungan dengan salah satu siaran VOA tersebut yang sangat memberi dampak positif untuk pendengar (terutama daerah pelosok) yang minim akan pengetahuan Bahasa Inggris dan hanya terpaku pada buku saja. Beberapa contoh yang saya dapatkan dan bersumber dari siaran VOA (just share) :

Akal – akalan saja       = To Do Tricks, It is a Scam
















Bicara Empat Mata     = One on One Talk, Face to Face















Kucing – Kucingan     = Playing Cats and Mouse

















Hitam Manis  = A Good Looking Dark Skinned Person
















Isapan Jempol Belaka = A Rumor














Curhat  = Heart-to-Heart Talk
















Can’t wait for next this program everyday. It’s an interesting programme on VOA !! J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar